cara agar anak jauh dari pelecehan seksual


Semua orang tua tidak ingin anaknya mengalami pelecehan sex, akhir-akhir ini ada berita yang menghebohkan dimana si sekolah yang ternama di Jakarta anak kecil menjadi korban pelecehan sex yang membuat orang tuanya bersedih.
Hal tersebut merupakan pelajaran untuk kita sebagai orang tua agar dapat menjaga anak agar tidak mengalami pelecehan sex seperti itu, tetapi bagaimana caranya agar anak tidak mengalami pelecehan sexsual dari orang lain?
Memperkenalkan anatomi tubuh ke anak dan membuat mereka malu untuk menunjukkan hal tersebut serta memberikan pengetahuan terhadap anak bahwa siapapun juga tidak berhak melihat tubuh anak dan memegang tubuh anak, seperti teman atau siapapun juga tanpa persetujuannya. Hal ini dasar agar anak jauh dari pelecehan seksual.
Melakukan foto saat anak sedang telanjang atau sedang berpakaian sexy seharusnya dihindari sejak dini, apalagi jika memfoto, mengupload foto tersebut ke media sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Apa sih dampak dari perbuatan tersebut?, dampaknya yaitu kita seakan membenarkan dan mengajarkan anak memperlihatkan tubuhnya kepada orang lain tanpa rasa malu dan hal tersebut biasa, sehingga jangan salahkan anak jika mereka dewasa tidak merasa malu melakukan hal tersebut, bagaiamana jika mereka hal tersebut?, kita akan merasa malu dan marah bukan?
Berikan informasi tentang perbedaan jenis kelamin kepada anak dan berikan gambaran teman kepada anak, hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dan tak dapat diperbolehkan. Jika ada yang mengganggu anak atau menyentuh anak yang tidak seharusnya maka kita berikan cara untuk menanggulanginya seperti anak langsung teriak dan melaporkan kepada guru atau orang tua melalui telepon jika mereka posisinya tidak dirumah dan sedang bekerja.
Dampak pelecehan sexual pada anak bisa bermacam-macam, prilaku tertekan, menderita kecemasan dan stress pasca trauma sering terjadi apalagi pada anak yang juga mengalami penganiayaan. Salah satu dampak yang pasti terjadi akibat pelecehan sexual pada anak adalah meningkatnya resiko Psikotik, gangguan jiwa yang ditandai dengan ketidakmampuan individu membedakan kenyataan dan fantasi. Selain itu penularan penyakit kelamin juga bisa terjadi. Bayangkan saja seorang anak di bawah umur harus menderita penyakit kelamin?

Tips agar anak jauh dari pelecehan seksual :
1.    Beritahu perbedaan antara wanita dan laki-laki kepada anak
2.    Beritahu batasan-batasan tubuh anak yang dapat dilihat oleh orang tua, teman, dan lain-lain dan ajarkan anak untuk berani menolak jika ada yang ingin memegang daerah yang dilarang untuk dipegang.
3.    Beri tahu tubuh anak yang tak boleh dipegang oleh orang lain.
4.    Beri tahu anak bahwa ayah atau ibu tidak boleh melihat tubuh anak saat anak telah berusia lebih dari 6 tahun.
5.    Beri tahu nomer hp orang tua jika kedua orang tua kerja.
6.    Beri tahu guru jika ada yang berbuat tidak sopan.
7.    Beri tahu tentang moral dan agama.
8.    Selalu biasakan anak bercerita kejadian sehari-hari sejak dini.
9.    Tegur anak jika melakukan atau melihat sesuatu di televisi dan jelaskan mengapa ia tidak boleh melihat hal tersebut.
10.Ajarkan anak untuk tidak mudah menerima atau dekat dengan orang lain yang tidak ia kenal.
11.Ajarkan anak untuk menolak sesuatu yang tidak ia inginkan atau tidak ia sukai.
12.Selalu dengarkan cerita anak dan jawab pertanyaan anak dengan cara yang mudah dan dapat ia mengerti.




tag: Cara untuk hidup bahagia, ebook, e-book gratis, tips, tips kehidupan, tips menjalani kehidupan, tips keharmonisan keluarga, keluarga, ayah, ibu, anak, pacar, cinta, sex, hidup, handphone, gratis, playstore, game, sukses, sukses kehidupan, islam, muslim, ahok, pemilu, uang, gratis, murah, meriah, uang, cara untuk hidup sukses, tulisan, pengalmaan, sharing, berbagi, indah, foto, pemandangan, cerita, kehidupan, cerita sukses, ,indonesia, keluarga, harmonis, islam, muslim, allah, god, tuhan

Komentar

Postingan Populer