Bab pertama ebook "15 menit mengenal diri sendiri"

Kita lahir di dunia ini karena orang tua, kita menjadi seperti ini karena mereka, tetapi apa yang dapat kita berikan kepada mereka ?
Andy Kurniawan

Sebuah pertanyaan sederhana yang seharusnya dapat kita jawab, apa yang telah kita berikan kepada orang tua?, sampai kapanpun kita tidak akan pernah membalas budi mereka, bener ga?

Saat ibu kita hamil sebulan sampai tiga bulan kebanyakan mereka akan mual setiap pagi hari, bener ga?
Hampir setiap waktu mereka mual, muntah bukan hanya sekali atau dua kali tetapi bisa berkali-kali atau malah hampir tiap menit seorang ibu harus bolak-balik kamar mandi, rasa mual, pahit dimulutnya belum lagi lelah karena bolak-balik ke kamar mandi. Rasa mual itu tidak mengenal waktu dan tempat, di dalam bis atau sedang jalan, atau saat tertidur tiba-tiba rasa mual itu datang, makanan apapun yang ibu makan akan keluar, makan dan keluar lagi, begitu berat masa-masa itu tetapi tak ada rasa mengeluh atau menyesal dari hati seorang ibu. Jika seorang ibu memiliki penyakit lambung maka akan terasa lebih berat karena bisa menyebabkan seorang ibu harus dirawat di rumah sakit karena asam lambungnya tinggi, seperti kejadian saat istri saya mengandung Putri, berat badan turun hampir sepuluh kilogram, makan dan minum tak masuk dan selalu keluar dari melalui mulutnya dan terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Jarum infus menusuk kulitnya dan harus benar-benar istirahat demi mempertahankan kandungannya, begitu sayangnya seorang ibu kepada anaknya sehingga apapun ibu korbankan untuk anaknya, bersyukurlah jika kehamilan seorang ibu tanpa ada rasa mual.
Biasa aja yah kita kadang menanggapi hal tersebut, tetapi akan jadi luar biasa kalau kita yang mengalaminya, bagaimana rasanya dia tak dapat makan, muntah, mual, bolak-balik ke kamar mandi per menit selama tiga bulan, badan lemas, masuk rumah sakit, diinfus, ditusuk jarum tangannya, itu biasa? Itulah hal kecil pengorbanan seorang ibu, mungkin dahulu ibuku untuk menjaga diriku di perutnya juga mengalami hal tersebut atau malah lebih parah?

Apakah itu biasa saja menurut anda?
Apakah anda mau mengalami hal tersebut ?
Bagaimana kalau anda mengalami hal tersebut?


Setelah tiga bulan, bayi semakin hari bertumbuh besar dan semakin berat. Saat kita dikandungan ibu selalu membawa kita kemanapun dia pergi, tidak bisa dilepas dari perutnya..he..he, tetapi kalaupun bisa dilepas pasti  seorang ibu tidak akan melepasnya, begitulah kasih sayang ibu?, sembilan bulan kita dibawa tidur bareng, makan bareng, sakit bareng, kadang pinggang yang pegel atau kakinya, tidur serba salah mau menghadap kanan salah atau kiri.
Tetapi apakah mereka mengeluh apalagi menyesal saat mengandung kita, saat kita bergerak diperutnya, goyang kanan atau kiri walau terasa nyeri dan malah menendang terasa sakit, apa yang biasa ibu lakukan? Mengelus kita..tenang yah nak ibu lagi masak atau apapun, terus jika kita diperlakukan seperti itu apa yang kita lakukan, membalas menendang kan?
Ibu dengan sabar merawat kita saat di dalam kandungan, mengajari kita banyak hal dan kadang ia tak bisa tidur karena gerakan kita di malam hari, belum lagi seorang ibu juga selain merawat bayi di kandungannya juga merawat seorang suami, begitu berat tugas dan pengabdian seorang ibu.
Pernahkah kita memikirkan ibu setiap hari?

Nak..ibu kangen sama kamu..ibu pengen denger suara kamu aja nak, mau tahu kabar kamu hari ini, sudah makan atau belum?
(Itu hati seorang ibu..bener ga?)

Seberapa besar atau dewasa diriku dihadapan seorang ibu anaknya merupakan masih seperti seorang anak balita yang masih perlu ia perhatikan, bener ga?
Sebegitu cintanya dan sayangnya ibu kepada kita, tetapi apakah kita juga demikian? 
Saya sudah besar bu, sudah kuliah, SMU, menikah, atau sudah punya anak, jangan diperlakukan seperti itu dong..malu. Pernahkah kita seperti itu?
Kita sibuk setiap hari dengan rutinitas kita sendiri, pergi sekolah, kuliah, kerja dan malah kadang tak pulang ke rumah, bagaimana perasaan ibu saat tahu anaknya tidak pulang?, kring..kring..kring hp kita berbunyi dan ih..bawel banget tadikan sudah pamit mau ke rumah temen..matiin aja ah hp ini..klik..tidak aktif deh hp dan tak ada yang telpon-telpon lagi..bebas atau bales dengan sms maaf yah bu nanti pulangnya, atau maaf saya lagi meeting..nanti saya telpon yah bu..ditunggu-tunggu telponnya tapi lupa..he..hee..

Apakah seorang ibu bisa tertidur jika anaknya belum pulang?
Kita lanjutkan setuju..sudah siapin tisu..he..hee

Bersambung...yah..he..hee


Komentar

Postingan Populer