apakah kebutuhan anak yatim?

Apakah anak yatim hanya membutuhkan uang?
Apakah kita hanya bersedekah kepada anak yatim saat bulan ramadhan saja?
Apakah anak yatim tidak membutuhkan kasih sayang ?

Suatu hari saya bersilaturahmi ke rumah teman saya dan saat itu saya ingin meminta tolong pada dirinya agar menemukan saya dengan anak yatim yang paling miskin dan paling menderita. 
Alhamdullilah saya menemukannya dan sempat berbicara dengan seorang anak yatim yang baru berusia 6-7 tahun. Saya banyak bertanya kepadanya; dari namanya sampai shalat dan saya sangat kaget dibuatnya karena ia tidak mau shalat dan mengaji. Saat mendengar hal tersebut saya seperti ditampar dan diingatkan bahwa mereka juga membutuhkan perhatian. 
Saya mencoba mengingatkan tentang ayahnya yang telah meninggal dunia hingga ia bersedih dan saya tanyakan pula apakah dirinya sayang dengan ayahnya? Anak itu menjawab sayang. Namun dengan apa anak itu menunjukkan kasih sayang kepada ayahnya sedangkan ayahnya sudah tidak ada di dunia lagi? Anak itu terdiam dan saya elus rambutnya dan saya bisikkan dengan cara berdoa kepada Allah SWT agar dosa ayahnya diampuni oleh Allah SWT dan saya bilang kepada anak itu bahwa jika ayahnya bisa melihat dirinya sekarang pasti ayahnya akan sedih karena anaknya tidak mau shalat dan mengaji. 
Subhanallah besoknya anak itu mendapat hidayah dari Allah SWT untuk mengaji walau harus membayar dan anak itu tidak mampu untuk membayar. Alhamdullilah teman saya membantu memenuhi biaya pendidikan belajar mengaji anak yatim itu.


Komentar

Postingan Populer