Listrik Bagian Dari Kehidupan

Matahari menyinari bumi setiap hari, semua mahluk hidup di dunia ini membutuhkan matahari, seperti itulah PLN saat ini, semua alat elektronik, hp, kulkas, lampu, laptop, computer dan lain-lain membutuhkan listrik. PLN merupakan bagian kehidupan yang sangat fital. Di kota besar seperti Jakarta listrik sangat diperlukan sampai-sampai ada baterai yang selalu dibawa agar hp tidak mati dan dapat terus berkomunikasi kepada seluruh manusia melalui media internet, suara, chatting atau sms. Semua itu membutuhkan listrik, malah kadang hp begitu penting dan orang akan resah saat hpnya habis baterainya atau tertinggal di rumah atau hilang karena dicopet orang.
Begitu berartinya listik untuk kehidupan manusia dan listrik bisa dibilang kebutuhan pokok manusia saat ini, listrik dan pln tidak dapat dipisahkan.

Mungkin orang yang tinggal di kota besar sangat mudah mendapatkan listrik, tetapi bagi saudara-saudara kita yang ada di luar jawa sangat sedih karena kadang listrik dari PLN mati. Roda ekonomi, pengetahuan, anak dan semua orang memerlukan cahaya di malam hari, bayangkan jika suatu malam tanpa ada listrik dari PLN maka apa yang akan terjadi?, Jalan raya akan macet karena lampu merahnya berhenti, jalan akan gelap dan rawan dengan kejahatan karena gelap, anak yang akan belajar akan sulit  membaca karena tidak adanya listrik, oleh sebab itu diperlukan pemerataan pasokan listrik di seluruh Indonesia, hal ini tidak mudah tetapi bukan berarti tidak mungkin terwujud, semua itu dapat diwujudkan jika kita mau dan berusaha serta membantu kerja PLN dengan hemat energy, saat siang hari kita tidak perlu terlalu banyak menyalakan lampu, kita bantu PLN dengan menghemat pemakaian listrik agar semua orang di negeri ini dapat merasakan cahaya di malam hari dengan pasokan listrik dari PLN.

Adakah data tentang listrik di Indonesia?
Adakah data tentang kelurahan atau kecamatan atau desa yang belum dapat aliran listrik dari PLN?

Data tersebut sangat penting karena dengan data tersebut maka PLN mengetahui berapa jumlah desa se Indonesia yang belum merasakan listrik, sehingga PLN dapat memberikan layanan tersebut kepada mereka, selain itu dapat memperhitungkan untung atau rugi jika dialiri listrik oleh PLN , tetapi mungkin kita tidak perlu melihatnya dari sisi keuntungan saja tetapi manfaat listrik tersebut untuk masyarakat setempat juga perlu diperhitungkan.


Jika suatu desa terlalu mahal untuk dialiri listrik oleh PLN  maka PLN bisa juga membantu dengan mencarikan sumber listrik lain dari kekayaan alam yang ada di daerah tersebut, misalnya dari kekuatan air terjun atau dari tenaga sinar matahari di siang hari ditampung dan kemudian malam hari disebarkan ke desa-desa dengan menggunakan teknologi terbaru sehingga biaya PLN untuk mengaliri listrik tidak terlalu besar, PLN hanya menyiapkan alat untuk menampung sinar matahari dalam suatu alat kemudian dialurkan kepada seluruh desa terdekat, mudah dan murah bukan? Dibandingkan harus membeli solar atau bensin dan hal tersebut sangat membebani perusahaan, mari kita temukan sumber listrik dengan cara yang terbaru sehingga dapat menjadi keuntungan untuk PLN agar selalu maju dan terdepan.

Anda belum punya Blog silahkan daftar di Blog ini, semoga tulisan kita menjadi inspirasi untuk PLN.

Komentar

Postingan Populer