Inti ibadah puasa

Apakah inti ibadah puasa?

Apakah hanya saya yang hanya berfikir tentang buat apa sih kita puasa, apasih yang kita dapatkan saat berpuasa dan apakah puasa berdampak pada kehidupan dan prilaku kita atau malah hanya menjadi sebuah beban saja?

Malam semakin gelap, mungkin malam ini malam lailatul qodar, banyak orang yang beritikaf di masjid untuk mendapatkan malam seribu bulan, tetapi apakah tujuan mereka untuk mendapatkan malam seribu bulan itu?, malam lailatul qodar hanya ada di bulan ramadhan saja dan hanya dimiliki oleh umat nabi Muhammad SAW.

Apakah niat kita saat beritikaf ?
Apakah hanya bulan ramadhan saja kita beritikaf?
Apakah kita beritikaf hanya karena ingin mendapatkan malam lailatul qodar ?
Mungkin anda bingung apakah saya tidak ingin mendapatkan malam lailatul qodar, jujur saya ingin mendapatkan malam tersebut makanya saya merenung dan berbagi lmu dan pendapat..he.hee
Mengapa hanya bulan ramadhan saja masjid dan musholla penuh, dan itu biasanya hanya minggu pertama saja, minggu kedua atau ketiga ramadhan sudah tidak lagi terasa, banyak orang yang telah berbuka puasa disiang hari, banyak juga yang sibuk memikirkan baju baru dan keperluan idul fitri.

Apakah puasa tidak berbekas di hati ini?

Puasa mengajarkan kita akan kesulitan orang lain, penderitaan kaum miskin, penderitaan orang-orang yang kurang beruntung yang tidak selamanya mereka bisa makan 3kali sehari, sedangkan kita atau banyak orang saat berbuka puasa semuanya telah ada dan tersedia, menu utama adalah air teh manis atau kurma, padahal banyak saudara kita yang tidak dapat berbuka puasa karena tidak memiliki uang. Kita mungkin hanya merasakan sebualn penuh makan hanya dua kali sehari tetapi bagaimana dengan saudara kita yang seiman yang kurang beruntung dari kehidupan ini.

Apakah setelah puasa kita akan kembali menjadi orang yang tidak mau berbagi?
Apakah setelah puasa kita akan bahagia karena lepas dari kewajban untuk berpuasa?
apakah kita dapat terus berbagi kepada orang yang kurang mampu secara finansial?
Apakah kita bisa secara rutin membantu perekonomian ayam yatim atau piatu, atau hanya bulan puasa saja?

Inti dari ibadah puasa menurut saya adalah bukan hanya merasakan kesulitan dan penderitaan  orang lain tetapi kita juga dituntut untuk konsisten dalam kehidupan untuk bulan-bulan yang lain selain ramadhan.
Saat bulan puasa kita mendapatkan kesehatan karena tubuh kita berhenti memakan pada siang hari.
Apakah masjid atau musholla akan tetap penuh seperti bulan ramadhan?

Mari kita renungkan apakah kita mau berbagi tidak hanya dibulan ramadhan?
Saat kita berpuasa apakah kita merasakan penderitaan para keluarga yang kurang beruntung secara ekononomi.

Ebook untuk mengubah diri dalam proses perubahan ibadah menjadi lebih baik Mengubah Diri ?

Ebook yang saya tulis :

15 menit mengenal diri di Google Play Store atau di Wayang Force atau di Getscoop berisi tentang proses mengubah dan mengenal diri sendiri, proses tersebut membutuhkan waktu hampir 2 tahun dan semua itu penuh dengan suka dan duka, bagaimana proses tersebut terjadi?

Ebook Point Of Life di google play atau di Getscoop.com dan itunes
Berisi tenting nilai kehidupan yang dipadukan dengan foto-foto traveling ke paris, garut, dan lain-lain. Tulisannya tidak terlalu banyak tetapi mengena di hati, benarkah? 


Berisi pengalaman tentang hal-hal yang kadang kita lupakan saat kita sibuk dengan pekerjaan dan bisnis kita, apakah hal yang kita lupakan?

Titik Nol Kehidupan atau bisa juga di wayang force Titik Nol Kehidupan atau di scoop Titik Nol Kehidupan
Berisi Pengalaman mengubah diri dari manusia yang kadang melupakan Tuhan menjadi manusia yang ingin mengenal Tuhan dan membuat hidup menjadi lebih berarti dan bermakna, bagaimana proses tersebut?

Bahagia Itu Mudah !!! atau di google play store Bahagia Itu Mudah !!! atau di getscoop Bahagia itu Mudah  .


Versi bahasa inggris happiness is simple di Scoop.com atau di Amazon.com
Pengalaman tentang pencarian arti bahagia, dasar dari kebahagiaan dan hal-hal yang dapat membuat diri merasa bahagia, kadang kita berfikir bahwa bahagia itu jika sudah mendapatkan ini atau itu tetapi setelah mendapatkannya apakah kita bahagia?
Pengalaman tentang pencarian arti bahagia, dasar dari kebahagiaan dan hal-hal yang dapat membuat diri merasa bahagia, kadang kita berfikir bahwa bahagia itu jika sudah mendapatkan ini atau itu tetapi setelah mendapatkannya apakah kita bahagia?

Berisi pengalaman membangun pernikahan dengan latar belakang status, suku yang berbeda dan lain-lain, tidak mudah membangun keluarga dan tidak sulit juga, asalkan ada pengertian dan lain-lain, bagaimanakah caranya ?

Semua orang tua ingin sekali membuat anak bahagia, cukup segala kebutuhan hidupnya, sekolah yang ditempat terbaik dan lain-lain, banyak kita rela mengorbankan waktu untuk memenuhi kebutuhan  itu, tetapi apakah kita juga memenuhi kebutuhan anak akan kasih sayang?


Pengalaman dalam membangun bisnis online sekaligus berbagi waktu untuk Tuhan, keluarga, anak dan  bagaiamanakah caranya?

Berisi untuk mengajak umat muslim agar bersatu dalam memajukan perekonomian umat muslim serta membatu anak yatim dan fikir miskin, bagaimanakah caranya?
Untuk pengguna apple dan iTunes bisa beli di wayang force  dan get scoop yah..










Komentar

Postingan Populer